Kamis, 25 Maret 2010

Pengaruh Tulisan

Ada seorang sahabat yang berkata, dengan cerpen kita bisa mempengaruhi orang lain lewat tulisan. Hal pertama yang aku bayangkan ketika mendengar kalimat itu adalah, untuk apa kita mempengaruhi orang lain. Jika kita berniat mempengaruhi orang lain untuk mendapatkan apa yang kita mau, mungkin kedengarannya kayak tokoh-tokoh antagonis di film karena kata 'mempengaruhi' biasanya identik dengan perbuatan yang hanya menguntungkan pelaku.


Kegiatan tulis menulis (puisi, cerpen, novel dsb.) biasanya diawali dengan ide. Sebagai contoh, ide yang didapatkan seseorang kemudian dituangkan ke dalam bentuk tulisan, orang tersebut bisa saja menemukan kepuasan tersendiri dari hobi merangkai kata dan akhirnya ia menjadi mahir dalam menulis. 


Apa yang ia pikirkan ia kembangkan dengan kemampuannya berimajinasi dan menganalisa, setelah dikembangkan ia tuangkan ke dalam bentuk tulisan yang kemudian dipublikasikan. Apabila sebuah tulisan (sebutlah cerpen) yang ia tulis benang merahnya adalah "menceritakan perbuatan buruk teman" maka cerpen tersebut haruslah menceritakan perbuatan-perbuatan buruk salah seorang temannya dimana perbuatan tersebut selalu merugikan orang lain dan tidak boleh ditiru. Saat membaca tulisan ini pembaca akan memandang tokoh sebagai orang yang melakukan kesalahan dan memvonis tokoh sebagai sesuatu yang buruk. Misalnya dalam Novel karya J.K. Rowling yaitu Harry Potter disana diceritakan tokoh antagonis Voldemort, penulis memaparkan perbuatan-perbuatan keji Vodemort sehingga pembaca bisa saja memandang Voldemort sebagai musuh Harry. Dalam hal ini penulis berhasil mempengaruhi pembaca untuk membenci Voldemort.


Buatlah sebuah tulisan yang memaparkan perbuatan jelek seseorang, buat sebagus mungkin maka kamu pun akan mempengaruhi banyak orang untuk merasakan kebencian yang kamu rasakan. 


Namun apabila benang merahnya adalah "menceritakan perbuatan baik teman" maka cerpen tersebut haruslah menceritakan perbuatan-perbuatan baik salah seorang temannya dimana perbuatan itu bermanfaat bagi orang lain dan patut diteladani. Saat membaca tulisan ini pembaca akan memandang tokoh sebagai orang yang berjasa dan menganggap tokoh sebagai seseorang yang berharga, seseorang yang penting. Harry berusaha keras untuk menyelamatkan batu bertuah dari incaran Voldemort, ia berhasil lalu diberi penghargaan dan ia pun mengangkat nama asrama Gryfindor. Dalam hal ini sudah bisa dipastikan penulis berhasil mempengaruhi pembaca untuk mengagumi Harry. 


Buatlah sebuah tulisan yang memaparkan perbuatan baik seseorang, buat dengan sederhana saja maka kamu pun akan mempengaruhi banyak orang untuk merasakan kekaguman yang kamu rasakan dan lakukan itu dengan tulus. 
Thanks to Yahya
Posted By: Elsawati Dewi

Pengaruh Tulisan

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

2 komentar :

  1. tulisan adalah media untuk mencurahkan keluh kesah dan cerita di masa lalu

    BalasHapus
  2. Tlisan adalah curahan hati yang sulit dan enak untuk diungkapkan tanpa gangguan siapapun.

    BalasHapus

Dilarang berkomentar di blog ini kecuali Anda blogger yang nyantai kayak di pantai :-*

Follow Us

Mengenai Saya

Foto Saya

Menjual obat herbal untuk berbagai macam penyakit. Dapatkan artikel kesehatan terbaru di www.natur-eve.com dan konsultasikan keluhan kesehatan Anda di +6283 827 560 555 atau 29E4EA23.

Teman

Khasiat Daun Sirsak

© Old Sunday All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates