Rabu, 05 Juni 2013

Sombong

Membaca twit seseorang yang selama ini telah menginspirasi saya, "Orang yang bilang kita sombong adalah orang yang tidak mengenal kita dengan baik." Tentunya kita tahu bahwa seseorang dikatakan sombong apabila dia merasa risih dengan hal-hal yang dia anggap tidak pantas baginya, yang menurut saya, lebih cocok dibilang batas pribadi. Setiap orang dewasa sudah bisa menentukan batas-batas pribadinya yang tidak boleh dilangkahi orang lain, dan ketika batas tersebut dilangkahi, kita menilai orang itu kelewatan atau keterlaluan. Terjadilah pertentangan, sementara orang yang telah melangkahi batas tersebut menganggapnya sebagai hal yang wajar, karena yang namanya batas pribadi bisa berbeda-beda pada setiap individu, pada akhirnya kita dibilang sombong.

Disebut orang sombong itu sungguh tidak mengenakkan, akan tetapi kita tidak bisa begitu saja membiarkan orang lain melangkahi batas yang telah kita tetapkan. Apalagi, jika ada teman lama yang menjadikan kalimat pembuka "Sombong lu sekarang," sebagai sapaan. Mungkin bagi beberapa orang itu adalah hal yang lumrah, dan saya pun menganggap itu lumrah. Hanya saja tidak menimbulkan kesan pertama yang baik.

Lucunya, hubungan sehat akan tetap abadi. Perdebatan bisa saja terjadi pada setiap hubungan, apalagi kalau hubungan itu sudah berjalan lama. Yang menyenangkan adalah ketika kita berdebat tentang perbedaan pendapat dan perbedaan tersebut membuat kita merasa antusias untuk membahasnya, tanpa ada pihak yang merasa tersinggung. Well, saya pernah baca di artikel yang sumbernya saya lupa lagi, bergaul dengan orang-orang cerdas itu membuat otak kita terjaga dan awet muda. Bagi saya, orang yang antusias dalam menekuni hobinya itu sudah bisa dibilang cerdas, setidaknya itu membuktikan bahwa dia memiliki sesuatu. Dia telah menemukan jiwanya. (el)
Posted By: Elsawati Dewi

Sombong

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

50 komentar :

  1. Pertamax mbak elsa, salut deh sama tutorialnya

    BalasHapus
  2. waw...
    nyimak aja lah mba :D
    blogwalking

    BalasHapus
  3. saya juga bingung dengan sapaan sombong itu, padahal karena suatu hal entah itu sibuk atau belum sempat online sudah di bilang sombong.
    selain bergaul dengan orang cerdas , fokus dan banyak belajar juga membuat awet muda karena seneng menjalaninya

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mas agus atas tambahannya, orang yang senang belajar hal-hal baru itu bawaannya seru kalau diajak ngobrol.

      Hapus
    2. kalau sudah seneng juga lupa waktu, waktu berjalan cepat, kayak saya ngeblog ini, hehehe

      Hapus
    3. hehehe, menyenangkan banget ya kalau kita sudah menemukan kepuasan dalam bertukar pikiran lewat blog.

      Hapus
  4. org bilang sombong tuh karena melihat dari luarnya saja padahal dalamnya gak begitu.. setuju sob , hehehe.. :D



    ADMIN "Variasi Blogger"

    BalasHapus
    Balasan
    1. berarti jangan menilai seseorang dari luarnya ya, walaupun jaman sekarang, penampilan-lah yang mempengaruhi penilaian orang lain tentang diri kita.

      Hapus
  5. bener, terkadang kita menganggap kalimat "Sombong lu sekarang," itu biasa saja padahal sebenarnya tidak begitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kesannya kayak kurang bersahabat gitu ya mbak, hehe makasih kunjungannya.

      Hapus
  6. hmmm iya sih dibilang sombong emng ga enak yah,.
    apalagi klo baru ketemu lagi dibilang "sombong nih sekarang",
    padahal kan baru ketemu yah > gimana mau sombong coba ? hehe ,,

    iya positive feeling aja x yah,,
    biarin aja pendapat orang lain berkeliaran..
    yang trpenting hanya kita yang mengerti diri kita yang sebenarnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha iya mbak, belum apa-apa langsung bilang sombong. padahal kenyataannya kan gak seperti itu, makasih kunjungannya mbak :)

      Hapus
  7. sama halnya dgn ngeblog, bagiku, ngeblog itu bkn cm sekedar menulis, berbagi info, mencari tmn, mengais rejeki, atau sekedar iseng belaka, tp ngeblog itu bagiku adalah bagian dari jiwaku.

    BalasHapus
  8. Kalau saya nggak suka Mbak Elsa ngucapin atau nyandain ke teman atau sapapun misalnya dengan ucapan "sombong.., sekarang sombong ya .." dan lainnya, nggak tahu kenapa, ngerasa kurang enak saja Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mang boku saya juga gak enak dibilang sombong begitu, walaupun tujuannya cuma bercanda atau sapaan, risih aja bawaannya. :)

      Hapus
    2. tuh mas boku malah keren dan berjiwa muda, hehehe
      saya juga tidak suka kata-kata seperti itu mas.

      Hapus
  9. lagian gak ada apa sapaan yang lebih membuat kesan pertama lebih "ih waw"...atau mereka kurang kreatif, atau bahkan hanya itu stock kalimat sapaan yang mereka miliki?

    Oh, kasihan sekali ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya orang yang make kalimat sapaan semacam itu cuma orang-orang status quo yang hidupnya datar-datar aja, ga ada jiwanya.

      Hapus
  10. Tetap tenang.Harus itu

    "bergaul dengan orang-orang cerdas itu membuat
    otak kita terjaga dan awet muda. Bagi saya,
    orang yang antusias dalam menekuni hobinya itu
    sudah bisa dibilang cerdas,"

    Saya setuju dgn kata diatas!

    My blog http://mutingpost.blogspot.com
    http://jurnalkegiatanku.blogspot.com

    BalasHapus
  11. tapi kalau faktanya seseorang itu memang sombong gimana dong mbak??
    hehee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung alasan apa yang membuat seseorang disebut sombong. apakah kita bisa toleransi atau tidak, kembali ke diri masing-masing :)

      Hapus
    2. ah mas fian ini terlalu sombong sambil bawa entong

      Hapus
    3. maklum kan sekarang udah jadi personel BOYBAND.. haha

      Hapus
  12. saya setuju deh sama mbak el

    BalasHapus
  13. Lgii blogwalking aja mba..
    Nice artikel..

    BalasHapus
  14. saya heran kalo ada yang mau bersikap sombong, karena apalah yang mesti disombongkan, karena semua yang ada pada diri kita akan musnah bila ajal telah menjemput :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul mas, tidak ada yang abadi. bahkan tubuh yang sekarang kita tempati ini pun adalah pinjaman, yang suatu saat akan kembali kepada-Nya.

      Hapus
  15. hem... saya pernah dibilangin sombong waktu SMP, katanya wajah saya jutek dan pendiam dan pokoknya sombong deh, orang itu baru bilang pada saya setelah akrab dengan saya dan menyadari kalau saya sebenarnya tidak sombong, tp pemalu ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. kuncinya, jangan menilai orang lain dari penampilannya saja ya.. tak kenal maka tak sayang, gitu lho.. :D

      Hapus
  16. Mudah-mudahan saya tidak termasuk kedalam golongan orang-orang SOMBONG...
    Amien!!! ;))
    #menurut neng Elsa aq sombong gak yaa?? :-/

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah ngga ko, mas rio baik hati dan rajin menabung.. hehe :p

      Hapus
  17. saat ini hobi saya mencari uang mba els, tapi sayang nya cari uang itu tidak mudah hahahaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya iya dong, emang ga ada yg gampang.. yang penting halal jeng.

      Hapus
  18. bya seperti itulah, terkadang kita terjudge sombong karena kita telah berubah lebih baik dan ada juga memang orang yang berubah lebih baik tetapi sombong,.

    kalo saya sering dibilangin sombong ma teman2 lama, maupun orang baru, yang orang lama masih menuntut saya harus seperti yang dulu.. gile, kita butuh perubahan kan, dan yang baru mereka belum kenal saya dengan baik..heee

    salam

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe iya mbak sebel juga ya kalau ada yang ngatain sombong cuma karena kita yang sekarang lebih baik dari yang dulu, tapi biarlah orang berkata apa. setidaknya kita berusaha meningkatkan kualitas hidup :)

      salam kembali

      Hapus
  19. ijin nyimak ya gan :)
    salam kenal dari kami outbond di malang :)
    jangan lupa kunjungi kami di website kami : http://www.nolimitadventure.com/

    BalasHapus
  20. Sebagai seseorang atau manusia bukan tempat yang tepat untuk kita bersombong ria dengan apa yang kita dapat sekarang... karena semua hanya titipan ...cukup 2 kata saja hidup di dunia... TERIMA KASIH... TERIMA dari Yang diatas dan KASIHkan ke sesama yg membutuhkan... met sore sob..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas supeno kan ndak sombong karena bau parfum sapi

      Hapus
    2. saling memberi satu sama lain akan menjadikan hidup kita lebih bermakna, dan dijauhkan dari sifat sombong tentunya.

      hehehe apaan sih mas agus =))

      Hapus
  21. Kalau saya bertanya kepada teman saya tentang pekerjaannya sekarang lalu dia selalu memberikan jawaban yg berbelit-belit, apakah orang itu boleh dikatakan sombong mbak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada banyak kemungkinan sih, mungkin karena dia kurang menguasai pekerjaan yang sekarang sehingga dia kurang percaya diri menjawabnya, hehehe dulu saya begitu

      Hapus
    2. Hmmm, banyak kemungkinan ya?
      Positif thinking aja deh..

      Hapus
  22. Iya bener, kalo sapaan pembukanya "Sombong lu sekarang" itu jleb banget dehhh..
    Tapi aku juga termasuk yang biasa aja sih kalo ada yang bilang gitu. Malah kalo mood lagi enak, aku tanggepin, "Emang." Hehehe..

    BalasHapus

Dilarang berkomentar di blog ini kecuali Anda blogger yang nyantai kayak di pantai :-*

Follow Us

Mengenai Saya

Foto Saya

Menjual obat herbal untuk berbagai macam penyakit. Dapatkan artikel kesehatan terbaru di www.natur-eve.com dan konsultasikan keluhan kesehatan Anda di +6283 827 560 555 atau 29E4EA23.

Teman

Khasiat Daun Sirsak

© Old Sunday All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates