Senin, 09 September 2013

Cara Mengatasi Kehabisan Memori Pada BlackBerry

Serius, ini bukan kaki saya.. :D
Sebagai pengguna Blackberry atau BB saya merasa ketinggalan jaman karena gak bisa ikut eksis di Instagram, Path, dan aplikasi lainnya. Tapi melihat masyarakat Indonesia yang lebih banyak menggunakan BB ketimbang Android (survey ngasal), sepertinya memang BB lebih mudah diterima karena lebih simple. Indonesia gitu lho, cinta yang simple-simple. Kalo saya sih lebih baik ribet tapi keliatan menarik daripada simple tapi membosankan, jiaah jadi kemana-mana tulisannya. Oke intinya akhir-akhir ini BB saya lagi bermasalah karena tiap habis chatting di WhatsApp sama si Uyo and his Pananjung, memorinya mendadak kehabisan ruang katanya, terus tiap mau foto-foto pake dibatas segala kayak "Memori tersisa: 9", mengganggu banget deh.


Setau saya (berdasarkan artikel-artikel gitu ditambah pengalaman sendiri), Blackberry emang punya kinerja yang lambat dibanding smartphone lainnya. Meskipun begitu Blackberry tetap punya daya tarik tersendiri, terutama BBM, Sosial Media everywhere, dan browser canggih yang lumayan membantu kalau ada Wi-Fi. Ketika Blackberry sudah mulai tua dan mengalami kepenuhan memori atau istilah kerennya memory drained, inilah tips yang saya rangkum dari Detik inet dan forum support Blackberry. 


1. Biasakan untuk selalu menghapus email yang sudah dibaca. Berdasarkan pengalaman saya, ada dua pilihan pada penghapusan email yaitu pada handheld dan kotak masuk. Misalnya kita punya akun di Gmail. Kalau kita pilih 'Hapus pada handheld' berarti email akan terhapus dari BB kita saja dan email tersebut masih bisa ditemukan ketika kita login di dekstop/laptop karena toh email tersebut hanya memakan sebagian kecil dari penyimpanan gratis yang disediakan Google. Kalau Anda sangat sibuk, bisa setting simpan email selama 15 hari, dengan begitu email yang masuk akan terhapus otomatis setelah lewat 15 hari.


2. Bijak dalam memilih aplikasi. Kebutuhan user untuk terhubung dengan dunia luar serta sifat manja akan hiburan membuat user terkadang tidak lebih pintar dari ponselnya (smartphone), sehingga kita dengan cerdasnya berpikir untuk install aplikasi ini dan itu tanpa mempertimbangkan efisien atau tidaknya. Secanggih apa pun ponsel, jika kita memaksanya untuk bekerja terlalu banyak pasti suatu saat akan ngedrop. Maka dari itu penting sekali untuk mengurangi aplikasi yang tidak begitu penting, seperti game misalnya.


3. Membersihkan cache secara rutin, terutama pada browser. Caranya masuk ke Browser lalu pilih Opsi kemudian Bersihkan Cache. Jangankan di BB, dekstop aja yang browsernya jarang di-clear cache bisa jadi lambat kinernya apalagi ini ponsel multitasking dengan otak kecil. Jarang membersihkan cache juga membuat hasil pencarian Google menjadi kurang akurat, baik di dekstop ataupun di ponce. Sebagai tambahan, aplikasi sosial seperti Facebook, Twitter, Ubersocial dan semacamnya menghabiskan kapasitas yang lumayan berat jadi membersihkan cache sangat penting. Mengosongkan log dengan menekan Alt+L+G+L+G juga lumayan membantu walaupun pengaruhnya sedikit.


Terakhir, ada yang menyarankan supaya baterai BB dicabut sebulan sekali. Selain merawat ponsel kita dengan baik akan lebih menguntungkan jika ponsel tersebut membantu kita dalam berbisnis. Silakan tambahkan saya di kontak dan mari berbagi pengetahuan, asal jangan ngasih pertanyaan pribadi kayak "Udah nikah belum?", oh semoga tidak.
15.50
Posted By: Elsawati Dewi

Cara Mengatasi Kehabisan Memori Pada BlackBerry

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

19 komentar :

  1. mancab nih caranya, bisa dicoba nih.

    BalasHapus
  2. wah belum punya hand phone black barry mbak, alias masih menggunakan hand phone jadul hikz hikz Tapi nggak apa-apa dink, saya izin save aja tips diatas untuk bahan referensi kalau saya sudah punya hand phone black barry :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah, masa sih mbak? ya ntar didoain moga aja setelah pay out dari adsense bisa beli smartphone terbaru :D

      Hapus
  3. Tips keren nih mbak makasih sharingnya

    BalasHapus
  4. BB jadi gak lemot lagi neh...
    thanks yaa infonya... :)

    BalasHapus
  5. Kalau memory drained gitu ya tinggal sering2 dibersihkan cache nya ya mba. Yang lebih parah punya kakak saya, saking udah tua nya itu BB jadi sering restart sendiri. Mana lama lagi pada saat start up nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. repot ya, waktu masih pake samsung juga pernah ngalamin kehabisan memori kayak gini.. aplikasi minta di apgreeeed terus sementara memori eksternal cuma segitu-gitunya dari dulu gak bertambah, suka gak ngerti deh >.<

      Hapus
  6. mantep mbak tipsnya,,tapi gambarnya tu ngeri mbak,,kirain caranya di injek gitu,,hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha itu cuma kiasan mas, kalo bb lagi lemot bawaaannya greget.. >.<

      Hapus
  7. Boleh nihg mbak tips untuk blackberrynya..

    BalasHapus
  8. Hai.. salam kenal, kunjungan perdana disini... :)
    tentang BB, nggak tau kenapa gak tertarik memakai gadget yang satu ini, hihihi... jadi gak tau mesti komen apa... lebih suka symbian aja atau yg sekarang androit,

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai juga mbak, salam kembali
      iya memang android lebih canggih ya mbak. disamping itu juga harganya terjangkau meskipun yg mahal juga banyak hehe ^^

      Hapus
  9. ikut nyimak aja deh els :)
    soalnya pake android

    BalasHapus
  10. Sayang aku gak punya BB :(
    tapi nambah info misalnya ternyata BB lambat dari smartphone lainnya

    BalasHapus
  11. Nyimak ajah yah mba.. Soalnya saya ga punya hp BB. . hehe :-D , menyedihkan yah..

    Trima kasih sudah berbagi mba, semoga bermanfaat untuk pengguna BB.. :-)

    BalasHapus

Dilarang berkomentar di blog ini kecuali Anda blogger yang nyantai kayak di pantai :-*

Follow Us

Mengenai Saya

Foto Saya

Menjual obat herbal untuk berbagai macam penyakit. Dapatkan artikel kesehatan terbaru di www.natur-eve.com dan konsultasikan keluhan kesehatan Anda di +6283 827 560 555 atau 29E4EA23.

Teman

Khasiat Daun Sirsak

© Old Sunday All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates