Minggu, 16 Maret 2014

Kesalahan Dalam Mencuci Muka


Old Sunday - Tiada hari tanpa mencuci muka, terutama saat bangun tidur. Saya harap Anda yang membaca artikel ini sudah mencuci muka walaupun saya belum, aduh please deh yang bener aja kali. Andaikata semua pekerjaan saya dilakukan dari rumah, bukan berarti saya jarang cuci muka apalagi tidak mandi berhari-hari... Saya tetap peduli kebersihan, karena dengan wajah yang bersih, baju dan tempat kerja yang rapi, barulah saya bisa berkonsentrasi. Jangan salah lho, menulis artikel itu butuh konsenstrasi tinggi. 

Ampun! Gak jelas banget ini postingan.

Baiklah pemirsa, manfaat dari ritual mencuci muka akan hilang jika kita tidak memperhatikan hal-hal di bawah ini.

1. Produk yang kita gunakan tidak tepat. Mencuci beda dengan membasuh, kalau hanya dibasuh wajah kita memang terasa lebih segar dari sebelumnya tapi tidak menjamin semua kotoran terangkat. Sedangkan dengan mencuci, kita memerlukan produk pencuci muka untuk mencegah timbulnya jerawat. Tapi apabila kita tidak teliti dalam memilih produk, pencuci muka yang kita gunakan bisa menghilangkan minyak alami yang diproduksi oleh kulit sehingga kulit jadi cenderung kering, iritasi, dan kasar. 

2. Terlalu sering. Memang, mencuci muka secara rutin dapat menjaga wajah kita tetap bersih, tapi bukan berarti kita boleh melakukannya lebih dari tiga kali sehari. Terlalu sering mencuci muka termasuk satu dari beberapa kesalahan lainnya karena membuat kulit semakin teriritasi dan kehilangan minyak alami. Untuk menghapus make up tebal, disarankan pakai cleanser atau make up remover kemudian basuh dengan air saja.

3. Temperatur air yang tidak mendukung. Sebagian orang percaya bahwa air panas dapat membuka pori-pori. Kenyataannya tidak begitu, karena kulit kita tidak memiliki otot yang membuka dan menutup pori-pori. Air panas hanya akan membuat kulit kita semakin kering dan memicu produksi sebum yang justru malah menyumpat pori-pori. Walaupun tidak disarankan untuk rutinitas setiap hari, penggunaan air hangat lebih bisa diterima.

4. Eksfoliasi (pengelupasan) yang terlalu kasar. Untuk mengangkat sel kulit mati, perlu dilakukan scrubbing sesekali atau maksimal dua kali dalam seminggu. Coba deh periksa pencuci wajahmu apakah mengandung scrub? Sebenarnya scrub tidak baik kalau digunakan tiap hari, karena kulit yang terus-terusan dieksfoliasi, hanya akan menyebabkan pori-pori membesar dan kondisi ini memicu timbulnya jerawat di kemudian hari.

5. Membilas dengan asal-asalan. Cara kita membilas wajah ternyata juga mempengaruhi hasil akhir ritual ini, meskipun kamu sedang terburu-buru tetap bilas wajahmu dengan benar ya, Ladies! Pastikan tidak ada sabun di sekitar hidung atau daerah lainnya tersisa, supaya wajahmu benar-benar bersih dan tidak kekeringan setelahnya.

Ribet? Ah, tidak juga. Semuanya tergantung bagaimana kita melakukan, karena kalau kita sudah terbiasa memperbaiki hal-hal kecil yang dimulai dari diri sendiri, maka kita pun siap memperbaiki hal-hal besar.
06.00
Posted By: Elsawati Dewi

Kesalahan Dalam Mencuci Muka

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

35 komentar :

  1. Sipp
    pertamax nie


    tips yang bermanfaat mbak Elsa

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat mas, pertamax sekarang mahal harganya..

      Hapus
  2. Wahh makasih ya tips nya mmba :) saalam kenal aja deh ;;-)

    BalasHapus
  3. Kalau Mencuci Muka dengan produk bisa dibilang jarang sih,,paling itupun sekalian mandi,,pakai Biore Man Scrub,,Tapi ya cuma saat mandi pagi aja,,kalau mandi sore gak pakai,,Sementara siang bisa di bilang mencuci muka,tapi lebih kepada membasuh wajah saja,,karena ini berhubungan dengan Wudhu,,saat hendak Shalat. Cuma begitu,,Tapi jujur saja meski bukan dengan produk mahal dan cukup dengan air saja wajah sudah terasa lembab. cumax bedanya jika dengan produk pembersih wajah adalah untuk mendapatkan hasil yang lebih baik untuk kulit,,namun jika membasuh atau mencuci dengant niat Shalat,,mudah2an kedua-duanya dapat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. pencuci muka yang mengandung scrub disarankan tidak dipakai tiap hari mas, karena bisa membuat pori-pori membesar dan kulit kemerahan saat kepanasan. bagusnya sih pagi hari setelah bangun tidur dan malam sebelum tidur, di luar jam-jam itu, membasuh wajah saja sudah cukup :)

      Hapus
  4. Waduh?? Ane cuci muka sekali sehari tiap hari pake yang mengandung scrub... Jadi atut deh 8-7

    BalasHapus
  5. hi elsa...lama juga ane gak nyambangin blog kamu.. mo nanya nih masih seputar artikel kamu, kira kira kadar air berpengaruh ga dengan kulit. terutama muka. maksudny,a air yang berasal dari tempat ini berbeda dengan air dari tempat itu. karena terkadang ane aga aneh juga pada kulit ane pas gunain air dari sumur tetangga dari pada sumur sendiri (maklum wong ndeso). dimuka jadi ada bintik bintik gitu, soal sabun masih sama, kata temen temen sih gak cocok ma airnya? sekian pertanyaan dari aku yang membingungkan ini. (ane sendiri bingng baca tulisa ane ini). di tunggu ya jawabanya ?... salam ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau soal kadar air saya kurang tahu mas, akan tetapi menurut pengalaman saya, pernah tinggal di sebuah rumah yang air bak mandinya agak keruh. muka saya langsung jerawatan banyak dan penghuni rumah yg lain juga kena kutu air. jadi, perlu diperhatikan juga apakah air yang kita pakai bersih atau tidak. selama air yang kita gunakan terjamin kebersihannya, darimana pun sumbernya saya rasa tidak masalah :)

      Hapus
  6. oh gitu... tp klo wajah terus-terusan berminyak itu diakibatkan oleh apa ya??
    faktor suhu, pembersih muka atau apa sih??

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin terlalu banyak makanan berlemak mas, tapi faktor suhu ruangan juga berpengaruh. misalnya kalo mas bintang tinggal di tempat yang panas dan gerah, bisa memicu minyak berlebih di wajah. coba perbanyak buah, sayur, dan air putih :)

      Hapus
  7. Wah, ternyata mencuci muka gak boleh sering ya. Padahal saya kira kalau sering mencuci muka berarti muka kita jadi selalu bersih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebaiknya jangan keseringan, takutnya nanti kulit malah jadi iritasi :)

      Hapus
  8. Kadang kalau lagi malas saya suka asal2an mbak yang penting seger gitu saja.wah ternyata juga salah ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha, saya juga kalo lagi malas, terutama pagi-pagi pas bangun tidur paksain aja dibasuh pake air es. biar melek mbak :D

      Hapus
  9. Tapi seger mbak kalau mencuci muka setiap saat.. :-bd

    BalasHapus
  10. tips nya sangat bermanfaat untuk saya bak semoga tidak salah lagi ketika mencuci muka

    BalasHapus
  11. terlalu sering cuci muka juga bisa menyebabkan kerusakan pada kulit wajah ya mbk. terima kasih infonya..

    BalasHapus
  12. Penjelasan yang lengkap dan mudah di pahami.
    Hem, saya jadi paham bagaimana memperlakukan kulit wajah kita sebagai bemper depan pandangan mata.
    Terima kasih ya ? Informasi menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wajah itu harga diri mbak, masa disamain sama bumper hahaha :))

      Hapus
  13. owh ternyata terlalu sering cuci muka juga kurang baik yah...makasih infonya jeng

    BalasHapus
  14. trik yang bermanfaat.
    pantes yang nulis nih artikel wajahnya berseri-seri.
    cara cuci mukanya mantaffff....
    anyway, nice tips Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu karena fotografernya udah pengalaman mbak, objek pas-pasan pun jadi lumayan :D

      Hapus
  15. klo pake air es bisa g ya mbk kira2? klo aq biasanya plang kerja gitu tak usapin pake es batu ato gk es batu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. membasuh wajah pakai air es itu bagus, muka yang bopeng karena jerawat bisa cepat pulih. tapi kalau pakai es batu disarankan esnya bungkus pakai kain, biar nggak langsung ke kulit. takutnya kulit sensitif ntar kaget :D

      Hapus
  16. wah yang terahir tuh saya banget mbak.. biasanya habis cuci muka bilasnya asal basah saja mbak. terus di elap pake handuk hehehehe.. ternyata salah to cara yang saya lakukan... oke deh mbak nanti akan saya rubah kebiasaan buruk saya hehehe... terimakasih penjelasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. asal jangan pake kolor aja mas ngelapnya, hehehe
      selamat bertambah ganteng

      Hapus
    2. wkwkwkwk... =)) mbak elsa ada ada saja deh ~X(

      Hapus
  17. Kalau saya biasa biasa aja mbak, gak tau salah atau bener..

    BalasHapus
  18. Wah kayaknya Poin Membahas asal asalan dan menggunakan temperatur air yang tidak baik lah yang sering saya langgar. Dulu sih untuk membasuh muka maunya sih yang praktis aja. Asal ada Air bersih kecupak kecupak air wajah sudah cukup. Hmmm kalau melihat dari artikel ini keliatan jelas apa yang saya lakukan dalam membersihkan atau mencuci muka banyak salahnya. Saya akan terapkan tips tips ini

    BalasHapus

Dilarang berkomentar di blog ini kecuali Anda blogger yang nyantai kayak di pantai :-*

Follow Us

Mengenai Saya

Foto Saya

Menjual obat herbal untuk berbagai macam penyakit. Dapatkan artikel kesehatan terbaru di www.natur-eve.com dan konsultasikan keluhan kesehatan Anda di +6283 827 560 555 atau 29E4EA23.

Teman

Khasiat Daun Sirsak

© Old Sunday All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates