Senin, 31 Maret 2014

Tips Traveling Saat Musim Hujan

Old Sunday - Seingat saya, belum pernah saya membatalkan rencana dengan alasan cuaca. Mungkin saya terlalu memaksakan kehendak, tapi saya tidak peduli, selama masih memungkinkan untuk pergi tidak ada alasan bagi saya untuk batal berangkat asalkan saya membawa persiapan yang lengkap. Lagipula teman-teman saya tidak keberatan traveling sambil hujan-hujanan, kata mereka itu namanya tantangan, susah senang kita tanggung bersama. Tapi gak harus bersusah-susah terus kali :)



Pelajari destinasi traveling. Sebelum pergi pertama-tama kita harus mengenali terlebih dahulu tempat yang akan kita tuju, salah satunya dengan mencari informasi seputar cuaca di wilayah setempat. Jika berencana pergi ke wisata alam, siapkan alternatif wisata lain yang bersifat indoor (misalnya museum) dan cari jalur aman menuju ke tempat tersebut. Tidak lucu kalau Anda sudah datang jauh-jauh tapi malah terjebak di penginapan seharian gara-gara hujan :D

Ramalan cuaca. Awalnya saya pikir masang aplikasi ramalan cuaca di smartphone tidak begitu penting. Tapi setelah saya merasakan manfaatnya, saya sadar kalau aplikasi ini sangat-sangat penting! Pastikan ramalan cuaca memiliki tingkat akurasi yang tinggi supaya bisa diandalkan. Bahkan agenda kegiatan di Facebook saja sudah dilengkapi fitur ini meski kota Tasikmalaya masih dibilang kota Bandung :( Menurut saya lebih akurat perkiraan cuaca di Yahoo karena daerah saya bisa terdeteksi hanya dengan memasukkan kode pos.

Menghindari daerah banjir. Nah, ini dia manfaat yang bisa kita dapat dengan mempelajari destinasi! Pastikan destinasi yang kita pilih bukan daerah yang rawan banjir, sebisa mungkin jangan memaksakan diri untuk menerobos banjir karena ini membahayakan kesalamatan diri kita. Sewaktu saya berlibur ke Mega Wisata Icakan Ciamis, saya sudah memperkirakan hujan bakal turun menjelang sore jadi saya memasukkan mantel ke dalam ransel meski pada saat saya berangkat cuacanya cerah. Dalam perjalanan pulang ke Tasik, ternyata benar terjadi hujan disertai angin kencang sampai perjalanan harus ditunda dulu gara-gara permukaan jalan tertutup banjir.

Membawa perlengkapan. Bawalah jas hujan, payung yang bisa dilipat ke dalam tas, jaket parasut anti air, atau apa saja yang bisa menghangatkan tubuh. Membawa perlengkapan menandakan Anda orang yang penuh dengan persiapan, karena kalau bukan kita yang melindungi diri sendiri, siapa lagi?

Tips traveling di musim hujan yang saya bagikan ini mungkin tidak berguna jika Anda tidak menjaga stamina. Liburan yang berkualitas adalah liburan yang membuat hati senang, menghilangkan stress, mempererat persahabatan dan menambah semangat bekerja. Bukan menyebabkan Anda sakit setelah pulang liburan kemudian tidak masuk kerja berhari-hari hahaha, nyindir teman saya ini mah :p
11.50
Posted By: Unknown

Tips Traveling Saat Musim Hujan

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

46 komentar :

  1. Hujan2 juga punya semangat traveling

    BalasHapus
  2. pantang mundur ya mbk, meskipun hujan kan masih ada tipsnya. hehe
    terima kasih sharenya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dong, walaupun hujan pantang maju terus..

      Hapus
  3. kalau saya kalau mau traveling ya dirumah saja
    tidur
    hehehe

    BalasHapus
  4. Tips yang menarik sekali. Pantas saya coba nih. Untuk cuaca memang kadang tidak bisa dipredisik. Berbekal ramalan cuaca juga kadang tidak valid, Namun demikian informasi dari ramalan cuaca bisa diadikan referensi atau masukan . Namanya juga predisik atau ramalan. Pernah suatu ketika saya memantau ramalan cuaca hari itu yang dikatakan forecast cukup cerah dan berawan. Namun begiti saya meluncur ke lokasi tugas, pulangnya diguyur hujan lebat. Berbejak ramalan tidak hujan , nyatanya turun hujan. Makanya saya setuju dengan Poin nomer terakhir, Membawa Perlegkapan Cuaca cerah pun saya akan selalu bawa Jas Hujan di dalam jok motor saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sedia jas sebelum hujan, karena kita tidak tahu kapan hujan akan turun :)

      Hapus
  5. penting nih.... soalnya ane mau liburan ke gunung (digunung mah ujang melulu) heheh

    nice post, salam kenal yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat jalan mas semoga liburannya menyenangkan, jangan lupa sedia jas hujan biar ganteng.

      Hapus
  6. Wah tapi kalau travelling pada saat hujan biasa malah tidak jadi berangkat ya.. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau hujannya kecil jangan dibatalin mas.. bete saya di rumah terus :(

      Hapus
  7. Belom pernah traveling pas hujan. Hihihi.. Tapi aku bakalan masuk angin kalo dipaksain, maklum ngga tahan dingin :p

    BalasHapus
  8. Simak artikel tentang Tips Traveling Saat Musim Hujan
    Rupanya di tempat Mbak Elsawati masih musim hujan yah
    Di tempat saya sudah agak jarang hujan Mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. gak tentu sih, kadang hujan kadang panas banget >.<

      Hapus
  9. jadi emang mending liburan gak di musim hujan ya..biar ndak repot :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. liburan emang bagusnya kalo pas cuaca cerah, tapi siapa tau pas kita berangkat tau-tau disana ujan :)

      Hapus
  10. artikel sangat menarik dan jarang diungkap,,, ini tips traveling di musim penghujan yang mesti diperhatikan,, walau kadang ramalan cuaca akurasinya kadang agak agak, tapi setidaknya bis dijadikan acuan, karena memang belum ada pembanding.. dan persiapan seperti istilah sedia payung sebelum hujan adalah sangat bijaksana dan dianjurkan.. thx sharingnnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikarenakan ramalan cuaca tidak selalu akurat jadi perlu persiapan, misalnya dengan sedia payung atau jas hujan. terimakasih atas kesediannya berkunjung dan berkomentar di blog ini.

      Hapus
  11. tipnya sangat berguna ni bak tapi daerah saya lagi kabut asap takut untuk keluar rumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah kalau begitu harus pakai masker dong..

      Hapus
  12. Traveling musim hujan memang memerlukan perhatian dan periapan khusus. Maklum pada cuaca seperti itu jalan menjadi licin. Kadang juga terjebak banjir.
    Terima kasih tipsnya
    Salam hangat dari Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau jalanan licin memang sebaiknya tidak pergi kemana-mana, akan tetapi selama masih memungkinkan kenapa tidak! hehe :D
      salam kembali, saya dari tasikmalaya

      Hapus
  13. nice share gan :) makasih tipsnya

    BalasHapus
  14. Bener banget. Beprgian tnpa persiapan, itulah bonek...

    BalasHapus
  15. Bepergian bagiknya di musim panas, jadi tidak perlau khawatir dengan cuaca hujan

    BalasHapus
    Balasan
    1. tapi kadang cuaca tidak bisa diperkirakan mbak, saat berangkat cuaca panas pas pulang tiba-tiba hujan deras :)

      Hapus
  16. selain beberapa point di atas, sepertinya faktor perbekalan dan kesehatan itu yang sangat penting mBak

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mesti bawa uang cukup yang paling penting, dan juga mesti dalam kondisi sehat berangkatnya :D

      Hapus
  17. Saya selalu berusaha menghindari travelin saat musim hujan,,,sebab biar bagaimanapun stamina pastilah akan menurun di musim hujan…dan destinasi wisata yang akan kita tuju juga…tak maksimal di eksplotasi di musim hujan……….
    Keep happy blogging always…salam dari Makassar :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin sebaiknya kalau cuaca tidak mendukung saya gak usah berangkat aja ya :(

      Hapus
  18. Hebat ih Elsa. Kalo aku mah begitu ujan, batal semua, hihihi..

    BalasHapus
  19. Mantep ah! :D
    Walau hujan tetap traveling :D
    Bakar semangatmu, traveler!

    BalasHapus
  20. jangan lupa juga membawa obat2an mungkin ya teh hehehe

    BalasHapus
  21. mengetahui tempat tujuan traveling itu wajib mbak.. jadi sebelum berangkat kita sudah mempersiapkan segala sesuatunya agar pas di gunakan saat di sana..? kalau musim hujan ya harus super mbak perlengkapannya, beda dengan musim panas hehehehe... oya ikutan donk mbak saya kalau pas lagi traveling hehehehehe :D

    BalasHapus
  22. Satu lagi bawa pawang ujan biar aman..

    BalasHapus
  23. daerah saya masih sering sudah, manfaat banget tipsnya..trims ya jeng...

    BalasHapus
  24. huhuhu... klo musim hujan gini harusnya jgn nekat traveling,,
    jalanan licin bawaannya kepleset terus, hehe

    BalasHapus
  25. wah harus sedia payung ya mbak sebelum hujan. Memang agak susah kalau mau jalan-jalan pas musim hujan gini hmmmm :)

    BalasHapus
  26. traveling adalah salahsatu hoby saya ( tapi itu dulu ) hehe kalau sekarangmah jarang yang namanya traveling ,sekalipun ada waktu untuk traveling harus berdiskusi semalam suntuk dengan bapaknya anak-anak hehehe,dan ujung-ujungnya tidak jadi dech hehehe

    BalasHapus
  27. Hujan menjadi halangan buat para pecinta pendaki gunung, tips diatas bisa dicoba.

    BalasHapus
  28. bagus tipsnya, lanjutkan sharing nya
    kunjungan nya ditunggu

    BalasHapus
  29. Wah, tipsnya boleh dicoba nih :D thanks for sharing.

    BalasHapus
  30. keren dah menerobos musim hujan

    BalasHapus
  31. makasii mbak tipsnya. hujan bukan penghalang buat traveling

    BalasHapus

Dilarang berkomentar di blog ini kecuali Anda blogger yang nyantai kayak di pantai :-*

Follow Us

Teman

Khasiat Daun Sirsak

© Old Sunday All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates