Jumat, 20 Juli 2012

Review: Rangkaian Produk Sariayu untuk Perawatan Kulit Berjerawat

Sudah bisa dipastikan kalau jerawat adalah masalah besar dalam penampilan, orang yang mengalami masalah jerawat akan terkesan malas membersihkan muka. Padahal keanyataannya justru tidak seperti itu. Hanya karena pengaruh lingkungan yang tidak bersahabat, suhu ruangan kerja, dan kosmetik yang nggak cocok penyebabnya, bukan berarti kamu malas membersihkan wajah, kan? Dan untuk apa mencari produk impor kalau kita masih bisa memanfaatkan produk dalam negeri, Sariayu dari Martha Tilaar punya serangkaian produk perawatan untuk kulit berjerawat. Review ini saya tulis berdasarkan pengalaman sendiri memakai produk dalam satu bulan ke belakang, dan hasilnya jerawat mulai berkurang. :)

Disclaimer: Saya tidak dibayar oleh pihak produsen untuk mempromosikan suatu brand. 
Saya berbagi pengalaman untuk membantu orang yang memiliki masalah jerawat, dengan merekomendasikan produk yang menurut saya bagus. Ulasan ini ditulis secara jujur berdasarkan pengalaman saya sendiri.

Sariayu - Busa Pembersih Wajah
Sabun permbersih muka yang dipakai setiap habis mandi, sebenarnya saya kurang suka dengan aromanya. Dan busanya juga tidak banyak seperti kebanyakan sabun muka, namun saya sangat menyarankan sabun ini untuk yang berkulit sensitif karena bahannya terasa lembut di kulit. Kelebihannya bisa mempertahankan kelembaban alami pada kulit sehingga sangat nyaman untuk saya yang punya jenis kulit kering. Namun yang saya ragukan adalah cara kerjanya dalam mengangkat kotoran, karena itu busanya yang sedikit jadi masih penasaran apakah benar kotoran dan sel kulit mati sudah terangkat semua? Atau mungkin, pengangkatan kotoran dan kulit mati tidak ditentukan oleh banyak atau sedikitnya busa? Saya merasa sedikit konyol dalam hal ini, hehe.


Sariayu - Pelembab Mawar
Kalau pelembab ini, pengecualian, sudah tiga tahun lebih saya merasa nyaman menggunakannya. Setiap selesai mandi kulit saya yang kering terasa kaku dan saking keringnya sampai mengelupas seperti permukaan tanah tandus yang lama tidak kena hujan, berkat adanya pelembab ini masalah kulit saya bisa teratasi. Produk ini bisa memberikan kelembaban yang dibutuhkan kulit kering, dan menjaga permukaan kulit tetap elastis. Untuk kulit berminyak disarankan memakai Pelembab Jeruk.


Sariayu - Intensive Acne Care
Produk ini benar-benar manjur untuk meredakan jerawat yang meradang. Di dalamnya ada kandungan sejenis  cairan oil dan serbuk belerang dalam satu botol. Sempat konsultasi juga sama mbak SPG, cara pakai di malam hari dikocok terlebih dulu supaya cairan oil-nya menyatu dengan serbuknya kemudian dioles ke muka berjerawat. Kalau di pagi hari cukup gunakan oil-nya saja, jadi tidak perlu dikocok. Keesokan paginya jerawat langsung mengerut, dan mudah disamarkan dengan bedak.

Sariayu - Bedak Jerawat
Sebelumnya saya sudah lama menggunakan bedak padat dari Sariayu juga, namun sejak muncul jerawat bedaknya diganti jadi bedak tabur. Saya akui bedak tabur ini memang punya tekstur yang lebih ringan, dan warnanya menyatu dengan rona kulit sehingga bisa menyamarkan bekas-bekas jerawat. Kalau tahu Sariayu punya bedak tabur, mungkin sudah saya pakai dari dulu karena saya juga baru tau kalau muka berjerawat itu punya banyak pantangan; hindari produk pencerah (lightening, whitening, jauh-jauh deh), hindari foundation dan hindari bedak padat. Kesalahan saya dulu itu malah memakai ketiga pantangan tersebut hiihii.. Pantas saja jerawat malah tambah banyak.



Sariayu - Lotion Jerawat
Pertama kali pakai produk ini, seger juga rasanya, tapi beberapa detik kemudian rasanya panas.. Terbuat dari apa sih produk ini? Jadi serba salah, kalau dioles pelembab takut kenapa-napa, kalau dibiarkan takut kulit saya infeksi. Tapi untungnya reaksi tersebut hanya terjadi beberapa saat dan reda dengan sendirinya. Saya pakai produk ini di sore hari, namun frekuensi pemakaiannya dikurangi. Saya gunakan 3x seminggu karena kalau terlalu sering takut dengan rasa panasnya itu. Bagi sebagian orang, penggunaan lotion jerawat dengan efek menthol ini katanya nyaman banget bahkan tetap digunakan ketika jerawat sudah hilang. Tapi kalau saya semenjak jerawat berkurang lebih memilih dihentikan saja.



Sariayu - Krem Malam Jeruk
Sebelum tidur saya pakai krem ini untuk mengoptimalkan regenerasi kulit. Pada saat tidur terjadi penyerapan besar-besaran, maka dari itu jangan lewatkan krem malam karena nutrisi yang dibutuhkan kulit ada di dalamnya. Krem berbahan jeruk cocok untuk mengontrol minyak berlebih, sehingga ketika bangun pagi wajah tidak akan terlihat kumal, hehe..



Sariayu - Kaplet Jerawat
Berfungsi untuk mengobati jerawat dari dalam. Diminum 2 kaplet pagi dan malam, yang saya rasakan selama pemakaian, haid menjadi teratur dan buang air besar jadi lancar. Metabolisme tubuh yang baik juga bisa membantu meningkatkan kesehatan kulit, lancar buang air besar manfaatnya dua kali lipat dari krem malam. Karena bahannya dari herbal jadi tidak menyebabkan efek samping, dan meskipun pemakaian dihentikan jerawat tidak akan muncul lagi. Selain mengurangi dan mencegah jerawat baru, herbal ini juga membantu proses regenerasi sel kulit baru untuk menghilangkan bekas jerawat yang membandel.



Sariayu - Masker Jerawat
Terakhir nih, weekend jadi lebih seru dengan maskeran sendiri di rumah. Cukup gunakan masker dua minggu sekali sebagai bagian dari perawatan rutin, maka wajah pun menjadi sehat berseri dan bebas jerawat.

Sebetulnya produk Sariayu untuk jerawat masih banyak yang belum saya coba, tapi apa yang saya pakai saat  ini sudah dirasakan cukup karena masalah saya sudah berkurang dan kepercayaan diri saya kembali. Thanks, Sariayu :)


15.30
Posted By: Elsawati Dewi

Review: Rangkaian Produk Sariayu untuk Perawatan Kulit Berjerawat

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

69 komentar :

  1. wah, mbak dewi pake rangkaian produk sari ayu ya,,,,

    BalasHapus
  2. waw mantap.

    Tapi kalo laki-laki pake produk ini gimana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. apakah bisa untuk lelaki??

      Hapus
    2. iya silakan pakai itu krem malamnya masih ada dan lebih cocok buat kulit berminyak

      Hapus
  3. Kalau, saya liat-liat mbak dewi ini masih remaja, kok pake produk kosmetiknya komplit kaya Ibu-ibu, ya...

    Hati-hati dampak negatifnya ya, mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah ngga juga ;;)produk untuk perawatan kulit remaja tidak selalu bisa digunakan untuk wanita usia 30 tahun ke atas, yg cenderung mengarah ke produk antiaging daripada menghilangkan jerawat. lagipula kecantikan itu tidak dilahirkan begitu saja, tapi harus diciptakan..

      "Allah is beauty and he loves beauty." :)

      Hapus
    2. Mesti diciptakan, ya. Terus apa tanggapan mbak elsa mengenai quote "Born this way"...


      OOT, ya,,,

      Hapus
    3. mbak itu produknya beli dimana ya?saya nyari di supermarket jarang banget yang lengkap gitu

      Hapus
    4. hai sis nabilah, maaf baru jawab. kebetulan di dekat tempat tinggal saya ada plaza yang menyediakan produk-produk martha tilaar. kalo di tempat sis ga ada yg lengkap bisa ko belanja di online.marthatilaarshop.com pasti komplit deh dan harganya juga ga jauh beda dengan yg di toko.. :)

      Hapus
    5. Wah betul twuh terkait kosmetik buatan itu berbahaya... coba yang alami kaya Obat Jerawat Alami

      Hapus
  4. halo mbak dewi,kenapa ga boleh pake produk whitening kalo lagi jerawatan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai sis chika, salam kenal.. kurang tau juga sih alasannya kenapa, cuma nurutin apa kata mbak SPG dan memang kenyataannya begitu, baik saya maupun rekan kerja pemakaian produk whitening saat berjerawat hanya akan memparah kondisi.

      Hapus
    2. Cara penggunaan yg bnar gmn ?

      Hapus
  5. mau bertanya nih... kaplet jerawatnya itu diminum 2 kaplet pagi n 2 kaplet malam, atau diminumnya 1 kaplet pagi n satu kaplet malam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai sis, maaf ya jawabnya telat. cara konsumsinya 2 kaplet per hari, saya biasa konsumsi 1 kaplet di pagi hari dan 1 kaplet lagi sebelum tidur supaya diserap secara bertahap.

      Hapus
  6. pake bedak tabur apa gak ribet kalau mau d bawa2??? :-/

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, ribet juga sih klo dibawa-bawa.. untungnya kalo keluar rumah jarang bawa bedak, karena sejak pakai bb cream jadi lebih percaya diri karena dandanan lebih tahan lama.

      Hapus
    2. Salam kenal, saya mau tanya, klo kulitnya berjerawat boleh pake BB cream ya? kok aku pernah denger ga boleh?

      Hapus
    3. boleh sis, justru BB cream bisa meredakan jerawat yg lagi meradang karena sifatnya skin care. Yang gak boleh itu foundation. BB cream yang aku rekomendasiin dari caring colurs dan kalo sista kulitnya berminyak pilih yang Luminizing. Baca juga review aku seputar BB cream disini.

      Hapus
  7. mbak belinya di mana nih? rumah saya jauh dari kota jadinya malas nyari2 :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ya belanja di online.marthatilaarshop.com nanti barangnya diantar langsung ke rumah, udah gitu gratis ongkos kirim :)

      Hapus
  8. Mba dewi,aku mau nanya nih,sekarang kan aku pake produk pnds buat wajah
    Tapi ,kulitku jadi kering ,produk sariayu itu cocok ga kesemua kulit?
    makasih,ditunggu yah jawabannya:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. dulu juga saya pernah pakai sabun muka dari ponds, yang penting sehabis cuci muka jangan lupa kasih pelembab aja sis. karena pelembab itu ibarat makanan buat kulit kita. pelembab sariayu ada yg buat kulit kering, ada juga yg buat kulit berminyak. kalo perawatan jerawatnya bisa buat semua jenis kulit, nyaman ko.. :)

      Hapus
  9. mbak urutan pemakaian facial scrub , krem urut sama facial mask gimana ? dicuci dulu gak sebelum pemakaian dari yang satu ke yang lain ? terus pake air dingin , air biasa atau air hangat ?
    makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm, krem urut yg mana ya maksudnya? hehehe

      kalo saya sih pas mau scrubbing suka langsung aja dalam keadaan kering, dibilas pake air biasa terus di masker. setelah masker mengering terakhir baru deh dibilas air hangat :)

      Hapus
  10. hallo semuaa salam kenal :) saya juga mau ikutan share pengalaman pakai sariayu:)
    wajah saya juga berjerawat (dulunya) . ibarat kata orang jawa habis sapi habis itik#lebay :D
    udah pakai perawatan dokter dan klinik kecantika terkenal pun ga ada hasil :(
    karena pada waktu itu udah bosan dengan yang kimia lebih so saya coba pindah pake sariayu :) perlahan-lahan jerawatnya pun kempes dan hilang.
    saya pakai :
    - acne foam
    - pembersih jeruk untuk kulit berminyak
    - penyear mawar (biar tetep lembab )
    - pelembab jeruk
    - mujizat tolak jerawat
    - masker jerawat
    - bedak jerawat

    meskipun lama sih , tapi alhasil lebih okey kok :)
    juga diimbangi aku yang suka minum air putih banyak dan olahraga(dance dan jogging)jadi dalam 2 bulan udah lebih okay.
    ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai sis thanks ya udah ikutan sharing di blog aku ^^

      aku suka produk yang bahannya alami, makanya aku pilih sariayu.. biar ga ada efek sampingnya kalau-kalau gak cocok. pengalamanku dalam waktu sebulan jerawat udah berkurang, sebulan berikutnya pemakaian masih tetap dilanjutkan buat ngilangin bekas-bekasnya.

      ngomong-ngomong ribet gak sih pake pembersih sama penyegarnya? oya bedak tabur yang buat jerawat itu isinya banyak banget ya, sampai sekarang pun masih ada. entah kapan deh habisnya :D

      Hapus
    2. Hay..,bisa tolong pnjelasanny mulai dr awal kah, coz aq bingung , lngkah pertma gmn..., nie aq mw mngobati jrwt, nnti klo udh kering bru lngkah slnjtny ngilangi bekasny, tolong ea..., mksich sblmny n slm kenal.....

      Hapus
  11. Mba kalo jerawtnya bayak kecil" apakah bole mengunakan produk saari ayu ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh sis, sebelum tambah parah lebih cepat lebih baik :)

      Hapus
  12. hai salam kenal^^
    aku baru coba masker jerawatnya & mantebh banget utk ngeringin jerawat :)

    dulu nyokapku pernah pake sari ayu, waktu SMA aku sempet nyoba2 pake kosmetiknya nyokap :D ga bikin jerawat tuh di mukaku yg masih orisinil kala itu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kembali, kalo saya pake sariayu ini dari SMP :D

      Hapus
  13. Kulit aku berjerawat dan pori porinya besar ..tapi di bagian tertentu kulitku kering>.< . Kalau pake pelembab yang mawar untuk kulit berjerawat boleh gak?aku takut jerawatnya makin banyak u.u .
    Dan perawatan apa yang seharusnya aku pakai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo berminyak di daerah T wajah (dahi, hidung, dagu) dan kering di daerah pipi itu berarti jenis kulit kombinasi, sis. boleh ko pake pelembab mawar tiap habis cuci muka, coba deh sis pakai masker seminggu sekali terus aku dapet referensi kalo mengoles es batu bagus untuk mengerutkan jerawat yang lagi meradang.

      semoga bermanfaat :)

      Hapus
    2. Tapi kalo aku pake mawar gak akan ada efek malah makin jerawat kan sist?soalnya aku baca di koment org,katanya kalo pake yang ada mawar nya itu justru bikin banyak jerawat sist?.
      Oiya sist,dipipi ku ada bekas jerawat merah...cara ngilanginnya gimana yah? :)
      Sebelumnya makasih yaa sist atas sarannya:)

      Hapus
    3. selama cara pakainya benar kayaknya nggak bakal nambah deh sis, saya pakai pelembabnya tiap habis cuci muka.
      emang susah ngilangin bekasnya, tapi asalkan sista rajin masker dan terapi es batu dua kali dalam seminggu, pasti bekasnya ilang. kalau mau yg praktis facial ke salon aja :)

      Hapus
  14. kalau perawatan buat jerawat gitu apa boleh pak krim malam???bukannya krim malam mlah mengandung whitening ya???
    terus kalau pakenya bedak tabur biasa efeknya berpengaruh smakin nambah jerawat pa gak???soalnya nyari bedak jerawatnya gak ada. kata spg nya malah emang udah gak keluar yang ada bedak tabur biasa??? bingung nyari bedak jerawatnya akhirnya gk pernah pake bedak jd gak pede.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung dari krim malam yang dipakai produk apa, kalau yang saya ulas di atas itu emang gak mengandung whitening sis. kegunaannya menutrisi dan merelaksasi kulit wajah saat tidur.
      di kota aku masih beredar ko sariayu bedak jerawat yang tabur, pinter2 kitanya aja sis, karena kalo konsumen gak tegas malah dikuasai sama SPG lho :p

      oya sejak aku kenal BB Cream aku bisa tampil pede tanpa bedak nih review aku:
      http://oldsunday.blogspot.com/2012/10/review-caring-calours-fair-white-bb.html
      http://oldsunday.blogspot.com/2012/05/bb-cream-sekarang-ada-di-indonesia.html

      Hapus
  15. produk sariayu krem malam itu mengandung whitening ga ? kalo engga, yang mengandung whitening apa namanya ? lg butuh yang mengandung whitening nih, soalnya ga pede

    BalasHapus
    Balasan
    1. saat ini saya sedang memakai krim malam oriflame, udah sebulan lebih, terbukti lo mbak bisa memutihkan. kalau mau pesan bisa hubungi saya elsawatidewi@gmail.com

      Hapus
  16. Wajah saya berminyak dan berjerawat.kira-kira perawatan nya gmn sis?terima kasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk perawatannya bisa memakai rangkaian sariayu seperti di atas, cuman untuk kulit berminnyak disarankan pelembab jeruk.

      Hapus
  17. Sariayu ini bisa ngilangin bekas jerawat yg merah2 gak mba?makasih ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa, dengan penggunaan masker seminggu sekali dan sesudahnya pakai es batu.

      Hapus
  18. Kaplet jerawatnya bisa ngilangin bekas jerawat ya? Aku mau ngilangin bekas jerawat kak. Baiknya pake produk apa dari sariayu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat menghilangkan bekasnya bisa ko dengan kaplet jerawat, untuk hasil optimal gunakan scrub dan masker seminggu sekali. tapi kalo scrub dari sariayu aku belum nemu tuh, saat ini pakai oriflame.

      Hapus
    2. tolong penjelasnya...gmn cra pemakaian yg bnar, saya udh beli smua,tinggal make ja...,mkasih sblumnya....

      Hapus
  19. tolong penjelasannya cra pemakaian yg bnar,,,dri pembersih muka sampai cara mnggunakan obat jrwt, mkasih sblumny...

    BalasHapus
    Balasan
    1. cara penggunaan yg benar urutannya begini:

      pagi: pembersih - pelembab - intensive acne care

      sore: pembersih - pelembab - lotion jerawat

      malam sebelum tidur: pembersih - krim malam - intensive acne care, plus minum 2 kaplet obat jerawatnya

      masker jerawat digunakan seminggu dua kali, waktu bisa disesuaikan.
      cara pakainya: bersihkan wajah, kemudian oleskan masker dan diamkan selama 3 menit. setelah itu bila dengan air hangat. boleh pakai pelembab setelahnya.

      semoga bisa membantu. :)

      Hapus
  20. salam kenal, sis
    aku mau tanya ..
    malem hari kan aku ngobatin jerawat pake intensive acne care sari ayu, kalo mau pake krim wajah langkahnya yang mana dulu ya ?
    trus, kalo nyembuhin jerawat pake produk2nya sari ayu itu bisa tuntas dalam waktu berapa lama ? aku udah pake seminggu, tapi kok belum berkurang sama sekali ya jerawatku.. jerawat ku yg di dahi berupa bruntus masih tetep, jerawat yang gede-gede tapi ga ada nanahnya juga masih tetep..
    sampai bingung mau diobatin pake apa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kembali sis,
      yang digunakan krim apa? kalo saya sendiri urutannya pembersih - toner - pelembab/moisturizer - intensive acne care

      berdasarkan pengalaman saya, dalam waktu sebulan jerawat berkurangnya sis, tapi hasil bisa beda-beda pada tiap orang ya. yang penting rajin membersihkan muka dan cukupi kebutuhan air minum :)

      Hapus
  21. buat remaja cocok ga ya?

    BalasHapus
  22. Kak aku mau tanya nih, aku kan pakek verile acne gel buat jerawat. Nah kalo pakek krim malamnya sari ayu buat ngilangin bekas2 jerawat di pipi bisa gak ya kak? -_-
    Soalnya kmrn aku pake citra hazeline yg teh hijau buat ngilangin bekas jerawat, iya sih bekasny jd agak memudar tp msh srng mncul jrwt kak.
    Prnh dgr jg kan klo jrwt itu gk boleh pke pemutih, sdgkn citra kan trmsuk pemutih kak. Di bales ya kak:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. krim malam bisa ko sis membantu mengurangi bekas jerawatnya, emang iya sih kalo lagi jerawatan semua produk pemutih mesti distop dulu.. ganti aja dulu sis pelembabnya jangan citra hazeline kalo masih jerawatan.

      Hapus
  23. 1. Kalau urutannya Pembersih (yg susu)- cuci muka (dengan busa pembersih) - toner - intensive acne care- pelembab- bedak itu boleh ga ya??
    2. kalau pake yanhg mawar gabikin tambah banyak jerawat kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. sebaiknya busa pembersihnya dulu, setelah itu baru susu pembersihnya kemudian dilanjut dengan toner dan seterusnya.
      2. menurut pengalaman saya sih nggak, tapi kalo skincare cocok2an. kalo ternyata malah tumbuh jerawat hentikan saja

      Hapus
  24. bagusn mana ya pkek wardah pa sariayu?
    aq mkek wardah awalny bagus,tp kok lma klma.an wjahqu brjerawat ya,pdhl udh mantep pkek wardah,tp krna jrwat sllu tmbuh skrg udh kgak mantep lgy,truz aq coba mkek pixy jrwat agak brkurg sih,tp aq gk nyman pkek pixy..

    tolong saranya ya. . .makasih.:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung kecocokan sis, namanya juga skincare :)
      kalo malah jadi timbul jerawat sebaiknya hentikan, karena aku kalo coba produk baru terus muncul jerawat itu selalu pertanda awal gak cocok.. tapi jangan pernah menyerah untuk menemukan beautymate-mu ya.

      Hapus
  25. Hallo great review..ini ngebuat aku jadi agak teracuni juga pake sariayu. works on me too..ditunggu blogwalkingnya buat simak cerita aku juga ya saay thanks ♥

    http://dinitalk.blogspot.com/2014/01/review-sariayu-busa-pembersih-jerawat.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks, sampai sekarang aku masih pake produk sariayu walaupun gak selengkap pas waktu jerawatan hehe. oke sis nanti aku berkunjung balik, salam..

      Hapus
  26. kalau buat wajah yg over berminyak, bintik merah bekas jerawat, sama kulit kusam yg bagus pake yg mana ya mbba? saya kalau sabun muka pake yg sari ayu busa pembersih wajah. mohon comenna ya. :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk kulit berminyak bisa pakai pelembab dan krem malam jeruk dari sariayu, kalo busa pembersih, lotion dan maskernya boleh pake contoh produk di atas..

      Hapus
  27. Mba, slm knal yaa.. ^^
    Nice blog :-)

    Mau tanya, Kalo ngilangin bekas jerawat yang merah dan hitam pake masker yang mana ya? Masker jerawat itu apa?

    Mohon dijawab, terimakasih sebelumnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. menghilangkan bekas-bekas jerawatnya dibutuhkan waktu lama dan perawatan rutin. produk yang bisa kamu coba yaitu masker jerawat sariayu, untuk melihat gambar produknya buka link berikut: http://goo.gl/oG4VYk
      jangan lupa dibarengi dengan kaplet jerawat yang saya sebutkan di atas ya..

      Hapus
  28. Memang jerawat menjadi momok bagi wajah terutama remaja yang lg puber, sayangnya obat tdk semua cocok....
    Coba cara ini http://iqrozen.blogspot.com/2014/01/5-obat-ampuh-hilangkan-noda-jerawat.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang, tidak semua obat bisa memberi hasil yang sama pada setiap individu tapi dengan tidak mencoba sama sekali sudah pasti sembuhnya susah :D
      terimakasih kunjungannya, boleh juga tuh referensinya.

      Hapus

Dilarang berkomentar di blog ini kecuali Anda blogger yang nyantai kayak di pantai :-*

Follow Us

Mengenai Saya

Foto Saya

Menjual obat herbal untuk berbagai macam penyakit. Dapatkan artikel kesehatan terbaru di www.natur-eve.com dan konsultasikan keluhan kesehatan Anda di +6283 827 560 555 atau 29E4EA23.

Teman

Khasiat Daun Sirsak

© Old Sunday All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates