Jumat, 28 Desember 2012

Review: Film 5CM, Kaku dan Tidak Realistis

Sudah lama saya ingin cepat-cepat menulis review tentang film 5 cm sebelum keburu basi. Banyaknya status-status lebay yang memenuhi beranda facebook saya sedikit menggelitik rasa ingin tahu seheboh apakah film ini kelihatannya. Ok, deh, tanpa basa-basi saya mulai review-nya..

poster 5cm

Film 5 cm mengisahkan tentang 5 sahabat yaitu Zafran (Herjunot Ali), Genta (Fedy Nuril), Riani (Raline Shah), Arial (Denny Sumargo), dan Ian (Igor Saykoji). Dari pemainnya saja (yang saya tahu Herjunot Ali dan Fedy Nuril, hehe..) sudah menjadi daya tarik tersendiri, apalagi melihat poster film tersebut yang beredar di internet membuat orang yakin kalau film ini banyak meng-ekspost keindahan alam Gunung Semeru. Ceritanya mereka berlima sudah bersahabat selama 10 tahun (harusnya kebayang betapa dekatnya mereka satu sama lain), bahkan tidak pernah terlewat satu weekend pun mereka habiskan bersama. Dan yang lebih kerennya, mereka punya basecamp superkeren yang ada di rumah Arial tempat biasa mereka ngumpul.. 

Untuk menghilangkan kejenuhan, atas ide Genta mereka sepakat untuk tidak melakukan komunikasi apapun selama tiga bulan, hingga pada saatnya tiba mereka akan merayakan temu-kangen sesuai kejutan yang disiapkan Genta. Kejutan tersebut akan menjadi hal terbaik yang tidak akan pernah bisa dilupakan. Selama tiga bulan mereka kompak untuk tidak bertemu dan tidak berkomunikasi dimana hari-hari mereka menjadi sepi, beda drastis dari biasanya. Setelah tiga bulan berlalu, Genta mengirim sms 'kejutan' yang langsung diterima oleh keempat sahabatnya untuk merayakan pertemuan mereka di stasiun kereta. Setelah mereka semua menempuh perjalanan dan turun dari kereta, barulah mereka tahu bahwa rencana yang disiapkan Genta adalah: naik ke atas puncak gunung tertinggi di Jawa, yaitu Gunung Semeru.

Memang sih, seminggu sebelum mereka bertemu, Genta juga menyuruh teman-temannya untuk membawa peralatan tertentu seperti carier, tenda, dll, serta berolahraga kecil sebelum hari H tiba. Namun tanpa persiapan yang matang, bukankah itu terlalu gegabah dan bisa saja mati konyol karena naik gunung tanpa pengetahuan apa pun (dan tanpa tahu medan seperti apa yang hendak kita daki), membuat penonton salah persepsi khususnya bagi komunitas pecinta alam. Apalagi di dalam film mereka mendaki gunung tanpa bantuan tali, perbedaannya sangat mencolok dengan yang di poster.

Banyak kata-kata puitis yang dipaksakan ke dalam dialog, akibatnya cara mereka berinteraksi satu sama lain terkesan kaku, tidak memvisualkan persahabatan yang sudah terjalin selama bertahun-tahun. Salah satu adegan kaku yang menurut saya paling tidak realistis adalah ketika mereka memandang puncak gunung dan bersahut-sahutan kalimat puitis, "..yang kita perlukan cuma tangan yang akan berbuat lebih banyak, kaki yang akan melangkah lebih banyak, leher yang akan terus melihat ke atas.." aaaah stop.

Meskipun film 5cm lebih mengedepankan kisah persahabatan dan cinta, tapi tetap saja yang ditonjolkan disini adalah 'menaiki gunung tertinggi di pulau Jawa', lhaa wong posternya juga lagi naik gunung ko. Sementara saya sangat menjunjung tinggi arti dari persahabatan -atau saya lebih suka menyebutnya 'pertemanan' supaya gak terkesan lebay- karena pertemanan itu lebih rumit dari yang kita bayangkan. Butuh waktu yang sangat lama untuk bersahabat dengan seseorang, butuh penyesuaian yang lama sekali untuk kembali lagi bersahabat setelah renggang. Tapi anehnya di film itu hampir tidak ada konflik, tidak ada klimaks yang membuat keseluruhan cerita datar-datar saja. Paling kendala yang mereka alami itu cuma pas mau mencapai puncak adik Arial yang tiba-tiba ikut, yaitu Dinda (Pevita Pearce) sempat terkena jatuhan batu sampai telinganya berdarah. Padahal Ian sebelumnya lebih duluan jatuh tapi gak langsung ditolongin, entah mungkin karena mereka punya prinsip Ladies First jadi mereka langsung menghampiri Dinda dan mengabaikan Ian. Waktu itu Ian pingsan dan mereka pun panik, setelah mereka kewalahan barulah Ian bangun sendiri.

Walaupun begitu saya tetap suka dengan film ini karena Herjunot Ali sangat menjiwai perannya dan acting Fedy Nuril yang dalam kondisi apa pun tetap enak dilihat. Keindahan Gunung Semeru dengan pengambilan gambar yang saya anggap menggunakan kamera kualitas tinggi ini memanjakan mata penonton.

Beberapa thread kaskuser yang berkaitan:
15.21
Posted By: Elsawati Dewi

Review: Film 5CM, Kaku dan Tidak Realistis

Share:

Post a Comment

Facebook
Blogger

6 komentar :

  1. ya sih, sempet kesel juga pas lagi ngedaki terlalu banyak omongnya menurut saya. But over all, film ini bagus lah, bukan untuk serius memang, kesampingkan saja hal-hal yang membuatnya sedikit rancu, toh malah lebih banyak yang bagusnya ada di film itu. Btw, saya gak baca novelnya, jadi cukup terpuaskan dengan twist-twist dan endingnya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal gan, sya juga ga baca novelnya hehe.. :D
      tapi memang benar harus diakui kalo film ini lumayan menghibur, apalagi didukung akting beberapa pemain yang enak diliat.
      btw makasih kunjungannya

      Hapus
  2. woooo kok spoiler...
    sampek endingnya diceritain..
    :p
    oh ya ngomong2 ending di buku dan di filmnya beda sih
    manisan yang di buku
    emang nggak realistis tp dibukunya juga kayak gitu terlalu banyak omongan2 filosofis... jadi itu nggak maksain cuman berusaha memuat yg ada dibuku
    percayalah kalau baca bukunya kalimat filosofis di film lebih sedikit kok ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, salah ya sis harusnya ga sampe diceritain endingnya.. aku edit lagi deh :p
      kalo dibawa seru emang lumayan menghibur ko, asli deh kocak banget sampe bawa-bawa g-string wkwkwk =))
      dulu juga sebelum cover novelnya diperbarui sesuai cover film, aku sempet penasaran pengen baca karena judulnya dalem banget. tapi kesibukan di dunia maya mengurungkan niat aku untuk membeli bukunya, kalo lagi nyantei pengennya mengistirahatkan mata.. hihi ^_^

      Hapus
  3. ok lah
    cukup membuat hati tergetar, meski dikit
    akan tetapi terlalu lebay krn bnyak puisinya...
    tp ttp baiklah.... hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. film 5 cm adalah tontonan yang mengedepankan persahabatan dan cinta, meski adegan naik gunungnya itu sedikit rancu :)

      Hapus

Dilarang berkomentar di blog ini kecuali Anda blogger yang nyantai kayak di pantai :-*

Follow Us

Mengenai Saya

Foto Saya

Menjual obat herbal untuk berbagai macam penyakit. Dapatkan artikel kesehatan terbaru di www.natur-eve.com dan konsultasikan keluhan kesehatan Anda di +6283 827 560 555 atau 29E4EA23.

Teman

Khasiat Daun Sirsak

© Old Sunday All rights reserved | Theme Designed by Seo Blogger Templates